Pelayanan di Kantor Desa harus melampirkan Surat Pengantar dari Dukuh

 

Lowongan CPNS 2019 untuk Lulusan SMA/SMK: Ada Enam Instansi, dari Kejaksaan Hingga Kemenkeu

Administrator 15 November 2019 05:20:24 Berita Nasional

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 melalui portal tunggal sscasn.bkn.go.id membuka lowongan sebanyak 152.250 formasi.

Ratusan ribu formasi itu tersebar di 68 kementerian/lembaga dan 461 pemerintah daerah. Tak hanya lulusan DII atau S1, lulusan SMA/SMK pun bisa melamar CPNS 2019. Hal ini karena sejumlah instansi membuka lowongan untuk lulusan SMA/SMK.

 Berikut daftar lima instansi yang membuka lowongan CPNS 2019 untuk lulusan SMA/SMK:

1. Kementerian Hukum dan HAM


Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menjadi salah satu kementerian yang membuka formasi di CPNS 2019 untuk jenjang SMA sederajat. Hal itu sesuai dengan pengumuman yang sebelumnya telah dikeluarkan melalui situs resmi Kemenkumham pada Jumat (1/11/2019). Total terdapat 3.532 formasi yang disediakan untuk lulusan SMA sederajat atau lulusan SMA/SMK/MA. Adapun alokasi formasi 2.875 untuk lulusan SMA sederajat dengan jabatan Penjaga Tahanan, yang disediakan untuk 101 putra/putri Papua dan Papua Barat dan 2.774 untuk formasi umum. Selain itu, Kemenkumham juga menyediakan sebanyak 2.774 formasi umum yang terdiri dari 2.497 pria dan 277 wanita. Adapun 2.875 formasi itu tersebar di 33 kantor wilayah. Selain itu, lulusan SMA juga dapat mendaftar pada jabatan Pemeriksa Keimigrasian Pelaksana/Pemula yang disediakan Kemenkumham sebanyak 657 formasi. Dari 657 formasi tersebut, terbagi atas 9 formasi khusus Papua dan Papua Barat dan 588 formasi umum.

Selengkapnya link pengumuman CPNS Kemenkumham bisa kamu akses di tautan ini: https://cpns.kemenkumham.go.id/

 
2. Kementrian Pertanian

Kementerian Pertanian RI ( Kementan ) memberi porsi kepada lulusan SMK untuk mengisi kursi pada jabatan fungsional dan pelaksana.

Untuk jabatan fungsional pelaksana pemula/pemula-paramedik karantina hewan ada 26 kursi, pelaksana pemula/pemula-paramedik veteriner ada 9 kursi, pelaksana pemula/pemula-pengawas benih tanaman ada 2 kursi.

Kemudian pelaksana pemula/pemula-pengawas mutu pakan ada 5 kursi, pelaksana pemula/pemula-pengendali organisme pengganggu tumbuhan ada 1 kursi.

Untuk jabatan pelaksana pemelihara kebun ada 2 kursi.

Selengkapnya link pengumuman CPNS Kementan bisa kamu akses di tautan ini: http://cpns.pertanian.go.id/pengumuman_daftar.php


3. Kementerian Perhubungan


Sejumlah formasi di Kemenhub dibuka untuk lulusan SMK/SMA. Total terdapat 85 kursi untuk lulusan SMK/SMA.

Namun, mayoritas formasi membutuhkan persyaratan ketrampilan tambahan seperti sertifikat Basic Safety Training (BST) dan Bahasa Inggris.

Formasi untuk lulusan SMA/SMK ini tersebar di berbagai jabatan seperti Jenang Kapal, Kelasi, Juru Mudi, Kepala Kamar Mesin, Kerani, Petugas Avation Security.

Selengkapnya link pengumuman CPNS Kemenhub bisa kamu akses di tautan ini:https://cpns.dephub.go.id/unduh-dokumen


4. Kementrian Keuangan

untuk penerimaan CPNS tahun 2019 ini Kementrian Keuangan tidak hanya menerima dari lulusan sarjana dan diploma, tapi juga menerima dari lulusan SLTA sederajat,  Selengkapnya link pengumuman CPNS Kemenkeu bisa kamu akses di tautan ini: https://kemenkeu.go.id/publikasi/pengumuman/pengumuman-rekrutmen-cpns-kemenkeu-2019/

5. Kejaksaan Agung

Instansi berikutnya yang membuka seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 untuk jalur SMA sederajat adalah Kejaksaan Agung Republik Indonesia. Kejaksaan Agung membuka total 2.000 formasi seleksi CPNS 2019 untuk lulusan SMA sederajat. Hal itu sesuai dengan pengumuman nomor PENG - 01 /C/Cp.2/11/2019 tentang Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Kejaksaan Republik Indonesia Tahun Anggaran 2019. Adapun dari total jumlah formasi tersebut, terbagi menjadi dua jabatan, yakni sebagai pengawal tahanan atau pengawal narapidana dan pengemudi tahanan. Pengawal tahanan atau pengawal narapidana sebanyak 1.000 formasi sedangkan pengemudi tahanan juga sama, 1.000 formasi. Untuk pengawal tahanan atau pengawal narapidana, dibutuhkan formasi putra-putri Papua sebanyak 2 orang dari 1.000 formasi. Sementara sisanya sekitar 988 orang, dialokasikan untuk umum. Sama seperti pengawal tahanan atau pengawal narapidana, kuota pengemudi tahanan juga dibagi dalam 2 jenis formasi, yakni putra-putri Papua sebanyak 2 orang dari 1.000 formasi dan 988 orang dialokasikan untuk umum.

Informasi selengkapnya dapat dilihat pada situs https://rekrutmen.kejaksaan.go.id.

6. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) juga memberikan jatah bagi para lulusan SMK. Hal tersebut sesuai dengan pengumuman yang dikeluarkan oleh KLHK Nomor: PG.1/SETJEN/ROPEG/Peg.O/11/2019. Total terdapat 80 formasi yang dibuka KLHK melalui jalur SMK. Dari 80 formasi tersebut, hanya diperuntukkan pada jabatan Pelaksana Pemula/Pemula Polisi Kehutanan.

Informasi selengkapnya dapat dilihat pada situs https://ropeg.menlhk.go.id.

 

 

Komentar atas Lowongan CPNS 2019 untuk Lulusan SMA/SMK: Ada Enam Instansi, dari Kejaksaan Hingga Kemenkeu

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Kalurahan

Peta Desa

Aparatur Kalurahan

STAF Lainnya Staff Desa Staff Desa Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Ulu-Ulu Panata Laksana Sarta Pangripta Carik Kamituwa

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookInstagram

Lokasi Kantor Kalurahan

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

DESA MARGOSARI MENGIKUTI BIMTEK SID 2019